Pembelajaran berasal dari kata dasar belajar. Belajar merupakan proses yang dapat menimbulkan perubahan pengetahuan, sikap, tingkah laku, dan keterampilan seseorang melalui pengalaman dan latihan serta interaksi dengan lingkungan. Belajar dapat dilakukan di mana, kapan, oleh siapa, dan dalam kondisi apa saja secara terus menerus sepanjang hayat.
Pengertian belajar menurut James O. Whittaker dalam buku Psikologi Belajar adalah, “Proses di mana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.” W. S. Winkels dalam buku Psikologi Pengajaran mengatakan bahwa, “Belajar adalah suatu aktivitas mental yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai, dan sikap.”
Definisi belajar yang dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa belajar tidak sekedar mengumpulkan ilmu pengetahuan, menghafal, dan mengumpulkan buku-buku. Belajar merupakan proses yang dapat membawa perubahan pada diri individu yang belajar. Perubahan tersebut mencakup perubahan sikap, tingkah laku, kemampuan, kecakapan, keterampilan, watak, pengetahuan, dan penyesuaian diri.
Sistematika mengenai lima jenis belajar dikemukakan oleh Gagne yang dikutip oleh W. S. Winkels dalam buku Psikologi Pengajaran. Lima jenis belajar tersebut diantaranya adalah, “Informasi verbal, kemahiran intelektual, pengaturan kegiatan kognitif, keterampilan motorik, dan sikap.“
Lima jenis belajar di atas merupakan hal yang harus ada dalam setiap kegiatan pembelajaran. Informasi verbal digunakan untuk menyampaikan pengetahuan yang dimiliki seseorang dalam bentuk lisan maupun tulisan. Kemahiran intelektual yang dimiliki akan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Pengaturan kegiatan kognitif digunakan untuk mengarahkan aktivitas kognitif seseorang. Kemampuan motorik dan sikap digunakan untuk melakukan rangkaian gerak secara terpadu dan dalam menentukan tindakan.
Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dirancang untuk belajar. Pembelajaran menurut Soeharto, dkk. dalam bukunya Teknologi Pembelajaran mengatakan bahwa, “Pembelajaran berarti memanipulasi lingkungan untuk memberi kemudahan orang belajar.” Pembelajaran adalah, “Proses membuat orang belajar dan pembelajaran bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai yang berguna bagi siswa untuk terjun ke dalam masyarakat."
Sunday, November 04, 2007
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment