Internet Sebagai Media Komunikasi ~ Educational Technology Resources
Your Ad Here






Friday, June 08, 2007

Internet Sebagai Media Komunikasi

By Onno W Purbo

Internet dengan berbagai aplikasinya, seperti Web, VoIP, e-mail pada dasarnya merupakan media yang digunakan untuk mengeffisienkan proses komunikasi. Untuk dapat memaksimalkan penggunaan Web, ada baiknya kita telaah lebih dalam tentang kebutuhan komunikasi dari manusia.

Pada dasarnya manusia lebih tertarik untuk berdiskusi atau komunikasi dua arah, dan mencari informasi yang spesifik untuk keperluan diri-nya saat itu. Manusia pada dasarnya tidak terlalu tertarik untuk mencari informasi diluar dari apa yang dia sukai / butuhkan.

Menyesuaikan informasi dengan kebutuhan spesifik seseorang akan menjadi sulit apalagi dengan kebutuhan komunikasi interaktif dua arah. Hal ini akan menjadi mudah jika di lakukan dengan menggunakan e-mail dan komunikasi hanya dilakukan antar manusia saja. Akan tetapi tingkat kesulitan akan menjadi tinggi pada saat kita menggunakan Web sebagai perantara sumber informasi dengan pembaca-nya.

Sebagai seorang Web designer atau Web programmer, kita harus memfokuskan disain dari Web tersebut untuk memenuhi kebutuhan si pembaca. Beberapa mekanisme sederhana yang akan membantu, misalnya, site map, search engine, forum, e-mail ke customer service, knowledge management, dsb.

Saya pribadi bukanlah designer Web yang baik, karena Web saya sama sekali tidak menggunakan HTML, maupun script apapun baik ASP & PHP. Bisa dilihat di http://www.apjii.or.id/onno/, http://sandbox.bellanet.org/~onno/, http://onno.vlsm.org dan interaksi secara aktif di e-mail / mailing list.

Semoga bisa menjadi masukan bagi para designer Web untuk menyesuaikan Web dengan kebutuhan pembaca-nya.

0 comments: