Kemampuan Media dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran ~ Educational Technology Resources
Your Ad Here






Thursday, June 07, 2007

Kemampuan Media dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran

Media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran beraneka ragam. Pengembang pembelajaran dapat memilih salah satu atau beberapa di antaranya untuk digunakan dalam menyusun strategi pembelajarannya. Allen memberikan petunjuk yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tertentu. Ia menggambarkan tinggi-rendahnya kemampuan setiap jenis media bagi pencapaian berbagai tujuan belajar sebagai berikut:

Tabel Kemampuan Setiap Jenis Media dalam mempengaruhi berbagai Macam Belajar

Belajar informasi faktual Belajar pengenalan visual Belajar konsep, prinsip & aturan Belajar prosedur Menyajikan keterampilan persepsi gerak Mengembangkan sikap opini dan motivasi
Gambar diam sedang tinggi sedang sedang rendah rendah
Gambar hidup sedang tinggi tinggi tinggi sedang sedang
televisi sedang sedang tinggi sedang rendah sedang
Objek tiga dimensi rendah tinggi rendah rendah rendah rendah
Rekaman audio sedang rendah rendah sedang rendah sedang
Programmed instruction sedang sedang sedang tinggi rendah sedang
Demonstrasi rendah sedang rendah tinggi sedang sedang
Buku teks sedang rendah sedang sedang rendah sedang
Sajian oral sedang rendah sedang sedang rendah Sedang

Untuk menggunakan tabel tersebut seorang pengembang pembelajaran pertama-tama harus mempelajari macam belajar yang terkandung dalam tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dalam suatu tujuan pembelajaran mungkin terkandung salah satu atau beberapa macam belajar sebagai berikut:
1. Belajar informasi faktual, seperti mempelajari nama orang, tempat, tanggal terjadinya peristiwa.
2. Belajar pengenalan visual, seperti mengamati bentuk dan gerak dari suatu benda atau peristiwa.
3. Belajar konsep, prinsip, dan aturan, seperti mempelajari fisika, matematika, atau hukum sosial.
4. Belajar prosedur, seperti mempelajari cara membuat tes, membongkar pesawat radio, menyusun rencana kegiatan dengan menggunakan PERT dan CPM.
5. Belajar menyajikan keterampilam atau persepsi gerak, seperti mempelajari teknik lompat tinggi, menendang bola, dan cara melintasi tikungan dalam stadion balap sepeda.
6. Belajar mengembangkan sikap, opini, dan motivasi, seperti belajar menghargai karya lukis, norma sosial suatu bangsa, perbedaan pendapat orang, dan meningkatkan keinginan untuk lebih sering menolong sesama, serta mendorong untuk melaksanakan perbuatan yang selaras dengan konsep hidup sehat.

Setelah mengidentifikasi macam belajar yang terkandung dalam suatu tujuan pembelajaran, anda sebagai pengembang pembelajaran memilih media yang sesuai dengan macam belajar tersebut dengan cara melihat kata tinggi yang berada di bawah kolom macam belajar tersebut. Selanjutnya, lihat secara horizontal ke kolom yang paling kiri untuk mendapat petunjuk tentang media yang tepat untuk digunakan. Bila media tersebut ternyata tidak tersedia, tidak mungkin disediakan karena mahal, tidak praktis atau tidak sesuai dengan karkteristik peserta, pilihan kita turun kepada media lain yang berada di sebelah kiri kata sedang. Ini berarti kita telah memilih medium yang "kedua terbaik", bukan yang terbaik. Pemilihan media berdasarkan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran merupakan kriteria utama

0 comments: