Pertimbangan Pemilihan Media ~ Educational Technology Resources
Your Ad Here






Thursday, June 07, 2007

Pertimbangan Pemilihan Media

Dalam proses pemilihan media pengembang pembelajaran mungkin dapat mengidentifikasi beberapa media yang sesuai untuk tujuan pembelajaran tertentu. Langkah selanjutnya adalah memilih salah satu atau dua media di antaranya atas dasar berbagai pertimbangan sebagai berikut:
1. Biaya yang lebih murah, baik pada saat pembelian maupun pemeliharaan
Pengembang pembelajaran memilih media atas dasar biaya yang tersedia. Seringkali kriteria biaya ini ditempatkan sebagai kriteria utama. Bila sejak semula telah diketahui bahwa tidak ada biaya untuk mengembangkan atau menggunakan media lain kecuali media cetak misalnya, perhatian pengembang pembelajaran harus dipusatkan kepada media cetak saja.
Pertimbangan biaya ini dilakukan baik pada saat pembelian maupun pemeliharaan. Pertimbangan ini digunakan tidak saja oleh lembaga pendidikan dan pengajar, tetapi juga oleh peserta.
2. Kesesuaiannya dengan metode pembelajaran
Untuk jumlah peserta yang besar, penggunaan media yang mampu memproyeksikan pelajaran yang kecil menjadi gambar yang lebih besar akan lebih baik daripada bahan pelajaran itu sendiri. Sebaliknya, untuk kegiatan pembelajaran individual atau kelompok kecil cukup menggunakaan media yang lebih kecil.
3. Kesesuaian dengan karakteristik peserta
Hasil kegiatan mengidentifikasi karakteristik awal peserta dijadikan bahan pertimbangan memilih media, misalnya tingkat kemampuan membaca, melihat, dan mendengar.

4. Pertimbangan praktis
Media dipilih atas dasar praktis tidaknya digunakan seperti :
a. Kemudahannya dipindahkan atau ditempatkan
b. Kesesuaiannya dengan fasilitas yang ada di kelas
c. Keamanan penggunaannya
d. Daya tahannya
e. Kemudahan perbaikannya.
5. Ketersediaan media tersebut berikut suku cadangnya di pasaran serta ketersediaannya bagi peserta.
Jenis media yang akan digunakan harus dipilih berdasarkan kriteria utama, yaitu kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran dan lima kriteria tambahan seperti telah diuraikan di atas. Bila media yang dipilih hanya memenuhi sebagian dari kriteria tersebut, dapat terjadi hal-hal sebagai berikut:
a. Tampak baik dalam perencanaan tetapi tidak berhasil diproduksi, karena terlalu mahal atau sulit diperoleh peralatan dan bahan bakunya.
b. Diproduksi dengan kualitas rendah, karena alasan yang sama dengan butir a.
c. Tidak atau kurang digunakan, karena tidak sesuai dengan karakteristik peserta, tidak praktis untuk digunakan, atau tidak sesuai dengan metode pembelajaran.
d. Kurang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran

0 comments: